4

KCD Pendidikan Jabar Hadir Di Kota Hujan

KCD Pendidikan Jabar Hadir Di Kota Hujan

KCD Pendidikan Jabar Hadir Di Kota Hujan

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan membentuk Kantor Cabang Dinas

(KCD) Pendidikan di Kota Bogor. Hal itu dilakukan sesuai dengan regulasi di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12/2017, tentang pedoman pembentukan dan klasifikasi cabang dinas dan unit pelaksana teknis daerah.

Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Disdik Provinsi Jabar, H Mulyana mengatakan, tujuan dibentuknya KCD Pendidikan Kota Bogor, yang bermarkas di Jalan Raya Tajur, Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, dilakukan untuk mendorong percepatan terwujudnya manajemen kepegawaian yang baik di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain itu, untuk menumbuhkan motivasi bagi aparatur sipil negara (ASN), serta memberikan pelayanan yang bermutu, akuntabel, inovatif, dan kreatif (BAIK).

“Jadi dalam Permendagri itu mengamanatkan bahwa, Disdik dapat dibantu oleh Cabang Dinas.

Nah, klasifikasi Cabang Dinas itu minimal terdapat 150 sekolah,” ujar Mulyana saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, untuk Pemprov Jabar saat ini memiliki 4.797 SMA/SMK. Berarti potensi untuk membangun KCD itu banyak, termasuk Kota Bogor telah memiliki 261 sekolah, di antaranya 109 SMK dan 52 SMA Negeri dan swasta.

“Kami sudah mengajukan ke Kemendagri, dari 16 yang diajukan itu, 13 yang disetujui

. Berbeda dengan Balai yang melaksanakan sebagian fungsi pendidikan, cabang dinas itu seperti miniaturnya dinas pendidikan di daerah,” bebernya

Ia mengakui, dengan disetujui 13 KCD itu, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sudah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk 13 Kantor KCD di kabupaten/kota.

“Saya berharap dengan dibentuknya KCD di daerah, semua urusan pengelolaan administrasi sudah dapat teratasi,” ucap Mulyana.

 

Baca Juga :